Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Cegah Anak Bermain dengan Air Banjir

Meski disukai anak-anak, bermain dengan air banjir dapat menbahayakan.

Sabtu 18 Jan 2020 04:00 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Cegah anak bermain dengan air banjir.

Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID, Naluri anak untuk bermain niscaya selalu ada, termasuk saat banjir. Meski begitu, cegahlah si kecil jika ia tergoda untuk bermain dengan genangan banjir. Mengapa?

Leptospirosis

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans ini menyebar melalui kotoran dan urine tikus yang bercampur dengan air banjir. Bakteri ini bisa masuk ke tubuh lewat kulit yang mengalami luka.

 

Masalah kulit

Bermain di air yang kotor, seperti air banjir, juga dapat memicu terjadinya masalah pada kulit, seperti gatal-gatal dan infeksi. Ingat, air banjir sejatinya kotor karena bercampur dengan kotoran manusia, kotoran hewan, sampah serta lumpur.

 

Ancam keselamatan

Air banjir juga dapat membawa hewan liar hingga benda-benda tajam yang dapat mengancam keselamatan. Selain itu, dengan ketinggian dan arus kencangnya, air banjir juga dapat menyebabkan anak terbawa arus banjir atau tenggelam.

 

Hipotermia

Tubuh bisa kehilangan suhu tubuh dengan cepat (hipotermia) saat terpapar dingin dalam waktu lama, misalnya, setelah lama menggunakan baju yang basah oleh air banjir di tengah lingkungan bersuhu dingin.

 

Sumber: Republika.co.id Pengolah: Adysha Ramadhani, Reiny Dwinanda

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

 

IN PICTURES