Senin, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 Februari 2020

Senin, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 Februari 2020

Jejak Sultan Sulaiman Al-Kanuni

Di bawah kepemimpinan Sulaiman Al-Kanuni, Ottoman berhasil menaklukkan Eropa

Jumat 17 Jan 2020 04:05 WIB

Red: Joko Sadewo

Sulaiman Al Kunani

Foto: republika

REPUBLIKA.CO.ID, Kanuni Sultan Sulaiman Han, penguasa Kesultanan Ottoman menorehkan kegemilangan. Wajar bila Barat menjulukinya dengan Suleiman the Magnificent. Di bawah kepemimpinannya, Ottoman berhasil menaklukkan Eropa, bahkan hingga ke sejumlah wilayah Asia. Ia juga pernah mengirimkan armadanya untuk membantu Samudra Pasai melawan Portugis pada 1564. Berikut ini jejak-jejak Sang Sultan:

1.    Peristirahatan Terakhir
Sultan Sulaiman wafat pada 6 September 1566. Usianya ketika itu 71 tahun. Jasadnya dimakamkan di Masjid Sulaimaniyah, Istanbul Turki. Selain makam, di masjid yang dibangunnya sendiri itu, terdapat pula makam Selim I, yang tak lain adalah ayah dari Sang Sultan.

2.    Masjid Sulaimaniyah
Masjid yang terletak di dataran tinggi, belakang Universitas Istanbul ini merupakan wujud dari kemajuan seni arsitektur pada masa Sulaiman. Karya lainnya di bidang arsitektur adalah Masjid Selimiye di Edirne. Dia juga berjasa merestorasi Kubah Sakhrah (dome of the rock) dan merenovasi Ka’bah.

3.    Tughra
Seni karya berupa monogram ini difungsikan sebagai stempel resmi kerajaan. Pertama kali diperkenalkan oleh Orhan I, penguasa kedua Dinasti Ottoman (1284-1359). Bentuknya disempurnakan pada masa Sulaiman.

Tughra adalah satu dari sekian bukti kemajuan budaya pada masa Sulaiman. Dia membentuk ratusan klub artistik kesultanan yang disebut dengan ehl-i hiref. Jumlah klub ini menurut sumber sejarah ada 40 dengan 600 anggota lebih. Mereka mendapat gaji dari pemerintah.
 

Pengolah: Nashih Nashrullah
Sumber: dari berbagai sumber

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

 

IN PICTURES