Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Kejayaan Tiga Negara Islam di Sulawesi

Islam datang di Sulawesi, terutama bagian selatan sejak abad ke-15 M.

Ahad 13 Oct 2019 12:00 WIB

Red: Joko Sadewo

Kerajaan Islam di Sulawesi (ilustrasi)

Foto: republika

REPUBLIKA.CO.ID, Islam datang di Sulawesi, terutama bagian selatan sejak abad ke-15 M. Para pedangang Muslim dari Malaka, Jawa, dan Sumatra banyak berdatangan di kawasan ini.  Khusus Sulawesi Selatan, Islam datang agak terlambat jika dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya di Nusantara seperti Kalimantan, Sumatera, Jawa, dan Maluku. Berikut ini tiga kerajaan Islam yang pernah berkuasa di Sulawesi :

A.    Kerajaan Gowa-Tallo
Secara resmi kedua raja dari Gowa dan Tallo memeluk Islam pada 22 September  1605 M. Meski Gowa-Tallo sudah Islam, pada masa pemerintahan raja-raja Gowa selanjutnya, mereka tetap berhubungan baik dengan Portugis yang beragama Kristen Katolik.
B.    Kerajaan Bone
Islam masuk di Bone pada masa La Tenri Ruwa sebagai Raja Bone XI pada  1611 M dan ia hanya berkuasa selama tiga bulan. Sebabnya karena beliau menerima Islam sebagai agamanya padahal dewan adat Ade Pitue bersama rakyat menolak ajaran tersebut.   
C.    Kerajaan Konawe
Masuk dan berkembangnya Islam di Kerajaan Konawe merupakan bagian dari proses perkembangan agama Islam di Sulawesi Tenggara khususnya dan Indonesia umumnya.
Islam masuk di Kerajaan Konawe pada abad ke-18 yang dibawah oleh pedagang-pedagang dari Buton, Ternate, dan Bugis.  

Pengolah: Nashih Nashrullah, dari berbagai sumber

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

 

IN PICTURES