Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

3 Tradisi Unik Peradaban Islam yang Menginspirasi Dunia

Peradaban Islam turut berkonstribusi melengkapi peradaban yang sudah eksis sebelumnya

Jumat 06 Sep 2019 00:12 WIB

Red: Joko Sadewo

Tradisi Islam yang menginspirasi dunia.

Foto: republika

REPUBLIKA.CO.ID, 3 Tradisi Unik Peradaban Islam yang Menginspirasi Dunia

Sunah peradaban adalah saling melengkapi dalam berbagai hal, termasuk soal tradisi dan budaya. Peradaban Islam sepanjang eksistensinya turut berkontribusi menciptakan dan terkadang melengkapi tradisi-tradisi peradaban yang pernah eksis sebelumnya.
Berikut ini  beberapa tradisi peradaban Islam yang berhasil menginspirasi dunia. Kebiasaan tersebut hingga kini masih bertahan dan menjadi khazanah yang berharga:   

•    Marching Band
Marching band marak ketika era senjata mesiu bubuk (gunpowder era) pada abad ke-15. Konon pertama kali dipopulerkan militer Turki Ottoman terutama oleh Korps elite militer Janissary. Ottoman mulai mempergunakannya pada abad 13 M dengan sebutan mehter band.   
•    Gelar Sarjana
Universitas Qairuwan yang didirikan pada 859 M oleh Fatimah al-Fihri di Maroko menjadi pioner pemberian gelar. Sistem diterapkan secara luas di Eropa melalui Muslim Spanyol. Universitas Bologna di Italia yang berdiri pada abad ke-11 dan dan Oxford di Inggris pada abad ke-12 M menerapkan sistem ijazah tersebut. 
•    Minum Kopi
Tradisi minum kopi tersebut muncul dari Yaman  pada 1400 M dan menjadi minuman favorit.  Minuman ini lantas banyak dikenal terutama pada masa Turki Ottoman dan menyebar di Kairo, Istanbul, Damaskus, dan Baghdad. Minuman kopi mask ke Eropa melalui jalur kota perdagangan, Venesia.

Pengolah: Nashih Nashrullah
Sumber: berbagai sumber

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

 

IN PICTURES

In Picture: Kisah Dari Balik Jeruji Besi (2)

Jumat , 06 Des 2019, 08:02 WIB