Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Go Green dan Save Our Earth dalam Hadis

Rasulullah menunjukkan kesadaran cara pandang terhadap alam.

Jumat 23 Aug 2019 02:00 WIB

Red: Joko Sadewo

Go Green dan Save Our Earth dalam Islam

Foto: republika

REPUBLIKA.CO.ID, Rasulullah menunjukkan kesadaran cara pandang terhadap alam ini dalam banyak bentuk. Nabi pernah menyatakan sebuah ungkapan rasa perhatian terhadap Gunung Uhud sebagai salah satu bagian kecil dari alam: innahu yuhibunna wu nuhibbuhu, sesungguhnya ia (Uhud) mencintai kita, begitu pula sesungguhnya kita mencintainya.

Bila ditelusuri teks-teks hadis Rasulullah, akan didapati sejumlah riwayat yang memuat perintah menjaga alam dan melarang perusakan lingkungan. Berikut beberapa anjuran Rasulullah dalam menjaga lingkungan:

Ø Hemat menggunakan air. Anjuran berhemat air ini antaralain terlihat dalam penggunaan air untuk bersuci dari hadas, baik kecil ataupun besar. Wudhu cukup cukup satu mud (1,5 liter menurut takaran Hijaz dan dua liter sesuai ukuran orang Irak). (HR. Muttafaq’alaih). Sedangkan mandi hendaknya tak lebih dari lima mud.

 

Ø Tidak mengotori dan merusak tempat umum atau alam yang dibutuhkan banyak orang seperti air, udara, dan tanah. (HR Ahmad dan Abu Dawud)

 

Ø Tidak merusak tanaman dengan memotong dahannya tanpa manfaat dan atau menoreh kulit batangnya.  (HR Abu Dawud)

 

Ø Reboisasi atau penghijauan kembali lahan tandus. Kegiatan tersebut akan mendatangkan banyak manfaat. (HR Ahmad)

 

______

 

Pemeliharaan dan pelestarian lingkungan kini menjadi keharusan tak terelakkan bagi segenap umat manusia di muka bumi. Bila alam terjaga dan terpelihara, maka secara langsung akan memberikan dampak positif bagi kelangsungan dan keseimbangan hidup.” (Ibnu Khaldun, Muqaddimah).

 

Pengolah: Nashih Nashrullah, Sumber: Republika

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

 

IN PICTURES