Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

Cara Menjaga Kualitas Daging Kurban

Daging kurbann bisa tahan setahun di freezer jika penanganannya benar.

Ahad 11 Aug 2019 03:39 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Cara Menjaga kualitas daging kurban

Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --

Jika diperlakukan dengan benar, daging kurban tahan setahun lebih di freezer.

 

Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Kementerian Pertanian Syamsul Ma’arif mengungkapkan, proses paling penting adalah pencacahan daging kurban. Jika penanganannya tidak baik maka berpotensi menyumbangkan 10 ribu-100 ribu kuman per menitnya.

 

Dosen Fakultas Kesehatan Hewan Institut Pertanian Bogor Denny Wijaya Lukman menjelaskan, hati hewan yang ditemukan cacing masih layak dikonsumsi, akan tetapi bagian yang terdapat cacing dibersihkan dan jika mengeras harus dibuang.

 

Direktur Halal Research Centre Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada Nanung Danar Dono mengatakan, sebelum disimpan, daging kurban jangan dicuci terlebih dulu. Jika terkena air keran, kuman bisa masuk dan tinggal di dalam pori-pori daging hingga merusak kualitas daging.

 

Kemas daging dalam porsi untuk satu kali masak. Simpan dalam wadah kedap udara. Letakkan di kulkas selama 12-18 jam baru kemudian bekukan di freezer.

 

Cairkan daging dengan merendam kemasannya di air keran. Jangan cairkan dengan air panas. Cuci daging ketika sudah empuk. Daging siap dimasak.

 

Sumber: Republika.co.id Pengolah: Rny Dwinanda

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

 

IN PICTURES