Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Trump Melawan Perempuan 'The Squad'

Trump keluarkan pernyataan rasis untuk empat politikus perempuan 'The Squad'.

Senin 22 Jul 2019 04:00 WIB

Red: Joko Sadewo

Trump melawan perempuan 'The Squad'. (ilustrasi)

Foto: republika

REPUBLIKA.CO.ID, Trump Melawan Perempuan'The Squad'

Presiden AS Donald Trump dituding rasialis setelah komentar pedasnya di Twitter terhadap empat anggota Kongres perempuan dari Partai Demokrat. Keempatnya merupakan warga keturunan dan dikenal sebagai The Squad. Berikut profil singkat mereka.

1. Alexandria Ocasio-Cortez (29 tahun) dari New York

Ia lahir di Bronx, New York dan pernah berkerja sebagai bartender. Ocasio-Cortez menjadi bintang sebelum ia terpilih sebagai anggota Kongres. Gayanya yang meledak-ledak tapi dekat dengan realita kelas menengah AS membuatnya memiliki jutaan pengikut di media sosial.

2. Ilhan Omar (36 tahun) dari Minnesota

Omar lahir di Mogadishu. Keluarganya melarikan diri dari perang sipil di Somalia. Sebelum datang ke AS sebagai imigran pada 1995, Omar sempat tinggal di kamp pengungsian di Kenya. Omar menjadi warga AS pada 2000.

Di House, ia berulang kali melawan politikus senior Demokrat karena pernyataan jujurnya tentang Israel. Ia juga mempertanyakan pengaruh Israel terhadap AS.

3. Rashida Tlaib (42 tahun) dari Michigan

Perempuan keturunan Palestina ini berasal dari Detroit, Michigan. Ia dan Omar menjadi perempuan Muslim pertama yang mengabdi di legislatif AS. Dalam sebuah rekaman video, Tlaib terlihat berbicara dengan kelompok liberal. Ia mengatakan akan menggulingkan Trump.

4. Ayanna Pressley (45 tahun) dari Massachusetts

Perempuan asal Cincinnati yang besar di Chicago ini, pada 2009, maju dalam pemilihan Dewan Kota Boston. Ia menjadi perempuan non-kulit putih pertama dalam 100 tahun yang duduk di badan pemerintahan itu.

Pengolah: Ani Nursalikah
Sumber: Republika.co.id

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

 

IN PICTURES