Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Panduan Waktu Tidur dan Bermain Balita Menurut WHO

Dalam panduan tersebut, WHO menekankan pentingnya membatasi screen time

Senin 29 Jul 2019 00:27 WIB

Red: Christiyaningsih

Panduan waktu tidur dan bermain balita menurut WHO.

Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID, WHO telah merilis panduan waktu tidur dan bermain yang dianjurkan untuk balita. Dalam panduan tersebut, WHO juga menekankan pentingnya membatasi screen time atau durasi balita berinteraksi dengan layar baik televisi, tablet, atau smartphone

WHO menekankan pentingnya tidur berkualitas dan aktivitas fisik demi menunjang tumbuh kembang anak. Selain itu aktivitas fisik seperti bermain di luar ruangan dapat  mencegah anak mengalami obesitas di kemudian hari. 
 
1. Usia <1 tahun
Jangan biarkan anak hanya tidur sepanjang hari. Alokasikan 30 menit per hari untuk anak beraktivitas sambil tengkurap. Tengkurap baik untuk melatih otot leher. Di usia ini WHO melarang anak berinteraksi dengan layar. 
 
2. Usia 1-2 tahun
Anak butuh waktu tidur 11-14 jam per hari termasuk tidur siang. Alokasikan 180 menit per hari untuk melakukan aktivitas fisik. Screen time maksimal di usia ini adalah satu jam per hari.
 
3. Usia 3-4 tahun
Screen time dibatasi maksimal satu jam per hari. Waktu tidur ideal adalah 10-13 jam sehari termasuk tidur siang. Arahkan anak bermain di luar atau melakukan aktivitas fisik minimal satu jam per hari. 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA