Monday, 19 Zulqaidah 1440 / 22 July 2019

Monday, 19 Zulqaidah 1440 / 22 July 2019

Keberadaan Makam Tiga Nabi Agama Samawi

Dalam ajaran tiga agama samawi ada sejumlah nabi yang berdakwah kepada masyarakat.

Senin 08 Jul 2019 04:00 WIB

Red: Joko Sadewo

Keberadaan makam sejumlah nabi agama samawi (ilustrasi)

Foto: republika

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam ajaran tiga agama samawi, yakni Yahudi, Kristen, dan Islam, ada sejumlah nama nabi yang berdakwah kepada masyarakat ketika itu. Jumlah nabi dalam Islam cukup banyak, tetapi yang wajib diketahui, hanya 25. Berikut, beberapa nabi-nabi yang ada dalam tradisi ketiga agama samawi tersebut dan keberadaan makam mereka:

 Ø Nabi Hud AS 

Nabi Hud AS adalah nabi yang diutus untuk Kaum ‘Ad, di sekitar al-Ahqaf, Rubu’ al-Khali Yaman. Tradisi Yahudi dan Kristen, mengenalnya dengan sebutan Eber. Di diutus sekira 2320-2450 M dan hidup kurang lebih selama 130 tahun. Alquran menyebutkan Hud sebanyak tujuh kali dalam Alquran. Makamnya konon disebut-sebut berada di Timur Hadramaut, Yaman.  

Ø Nabi Uzair AS

Meskipun Alquran tidak secara gamblang menyebutkan Uzair, sebagai seorang nabi, tetapi menurut sebagian ulama, sosok yang hidup di antara masa Nabi Sulaiman dan Nabi Zakariya ini, dianggap nabi. Dalam tradisi Yahudi, Uzair, diklaim sebagai putra Allah, seperti kisah surah at-Taubah ayat 30. Makamnya diyakini berada di Basra, Irak.


Ø Daniyal AS

Dia diutus bagi Bani Israil dan masih memiliki hubungan keluarga dengan Nabi Dawud AS. Dalam tradisi Yahudi dan Kristen, namanya diabadikan dalam Kitab Daniel di Alkitab Ibrani dan Injil.  Makamnya diyakini berlokasi di Susa Iran. Selain di Iran, ada juga sejumlah situs yang diklaim sebagai kuburan Nabi Daniyal. Di antaranya di Alexandria Mesir, Kirkuk Irak, dan Samarkand Uzbekistan.

 

Pengolah: Nashih Nashrullah
Sumber: Diolah dari berbagai sumber

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

 

IN PICTURES