Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Saksi Bisu Kejayaan Dinasti Abbasiyah di Baghdad

Dinasti Abbasiyah terbukti membangun peradaban yang gemilang.

Jumat 22 Feb 2019 11:55 WIB

Red: Joko Sadewo

Kejayaan Abbasiyah di Baghdad.

Foto: republika

REPUBLIKA.CO.ID, Berkuasa di Baghdad selama lebih dari empat abad, Dinasti Abbasiyah membuktikan keberhasilan mereka membangun peradaban yang gemilang. Kemajuan di berbagi lini mereka torehkan, mulai dari ilmu pengetahuan, militer, dan ekonomi. Sisa-sisa kejayaan tersebut sebagiannya masih bisa ditelusuri hingga kini. Berikut ini sebagian bangunan saksi bisu peradaban Dinasti Abbasiyah di Baghdad:

1.   Istana Abbasiyah
Qashr al-Abbasy. Lokasinya tak jauh dari gerbang Baghdad bagian utara menghadap ke Sungai Tigris. Istana ini dibangun Khalifah an-Nashir Lidinillah (1179-1225 M).   

2.   Kampus al-Mustanshiriyah
Kampus ini didirikan Khalifah Dinasti Abbasiyah, al-Mustanshir Billah pada 1233 M. Lembaga ini menjadi pusat kajian ilmu pengetahuan. Kampus yang berlokasi tak jauh dari Istana Kekhalifahan dan Madrasah an-Nizhamiyah itu, lengkap dengan 450 ribu referensi kitab.  

3.   Gerbang Timur
Konsep kota Baghdad yang melingkar mengacu pada kota-kota Persia seperti Kota Firouzabad. Baghdad dikelilingi tembok yang memutar hingga tampak seperti lingkaran bulat. Wajar bila Baghdad dijuluki dengan Kota Bulat. Ada empat gerbang utama. Yang masih bertahan meski tinggal puing-puing itu ialah gerbang timur.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

 

IN PICTURES