Minggu, 13 Syawwal 1440 / 16 Juni 2019

Minggu, 13 Syawwal 1440 / 16 Juni 2019

Ini Tips Mengantisipasi Bencana Saat Libur Lebaran

Ada potensi curah hujan tinggi yang berpotensi menimbulkan banjir dan tanah longsor.

Sabtu 08 Jun 2019 03:38 WIB

Red: Ratna Puspita

Antisipasi bencana alam

Foto: mgrol101

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan ada potensi curah hujan tinggi yang berpotensi menimbulkan banjir dan tanah longsor selama musim mudik atau libur lebaran. Ancaman terkait hidrometeorologi ini sekitar 79 persen di wilayah Indonesia, sedangkan 21 persen lainnya mulai memasuki kemarau.

Potensi hujan lebat di antaranya Jawa Barat, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua. Pemudik juga harus mewaspadai sejumlah bencana geologi, di antaranya gunung api.

Misalnya, Gunung Agung dilarang dalam radius kurang dari empat kilometer, wisata di Kaliurang, Yogyakarta, masih aman meski dekat dengan Gunung Merapi.

Tips:

  1. Kenali tempat wisata yang akan dikunjungi, di antaranya dengan bertanya kepada tokoh masyarakat sekitar untuk mengenali seluk-beluk ancaman bencana di wilayah tersebut.
  2. Jika terjadi gempa bumi, lindungi kepala.
  3. Jika gempa yang berlangsung lama atau lebih dari 20 detik maka ada potensi tsunami. Langsung cari tempat yang tinggi. 
  4. Perbaharui informasi dengan mengunduh aplikasi milik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terutama terkait ramalan cuaca.
  5. Aplikasi inaRisk untuk mengetahui ancaman bencana di wilayah yang akan Anda kunjungi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

 

IN PICTURES