Senin, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Senin, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Cara Hewan Peliharaan Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia

Pemilik hewan cenderung memiliki sikap lebih positif.

Sabtu 16 Mar 2019 05:15 WIB

Red: Indira Rezkisari

Cara Hewan Peliharaan Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia

Foto: dok Republika

REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki hewan peliharaan bisa membantu meningkatkan kualitas hidup manusia. Hewan peliharaan bisa menaikkan rasa percaya diri manusia. Sekaligus mengurangi perasaan negatif yang dimiliki diri.

Percaya diri
Studi dalam Journal of Personality and Social Psychology menunjukkan kalau pemilik hewan peliharaan menunjukkan rasa percaya diri yang lebih kuat dibanding yang tidak punya hewan peliharaan. Pemilik hewan juga lebih extrovert dan tidak terlampau banyak takut, dibanding mereka yang tidak punya hewan peliharaan.

Alergi
Memiliki hewan peliharaan tidak membuat pemiliknya lebih rentan terkena alergi. Kenyataannya, studi menunjukkan paparan terhadap hewan peliharaan sejak usia dini justru mengurangi risiko alergi hewan saat dewasa.

Dalam penelitian yang dilakukan dengan orang dewasa muda, diketahui mereka yang punya hewan peliharaan di rumah saat kecil sekitar 50 persen cenderung tidak memiliki reaksi alergi terhadap hewan.

Perasaan negatif
Dalam studi yang dilakukan tahun 1997 terhadap pemilik hewan peliharaan, peserta diberi paparan pengalaman sosial yang negatif. Studi menunjukkan peserta yang menulis tentang hewan peliharaan atau sahabat mereka menunjukkan nol perasaan negatif dan bahagia, meski baru saja mengalami pengalaman sosial yang negatif.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

 

IN PICTURES