Senin, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Senin, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Langsung Saja Masak Tanpa Perlu Mencucinya

Kelezatan rasa makanan bisa berkurang di bahan tertentu jika dicuci dulu.

Ahad 17 Mar 2019 10:04 WIB

Red: Indira Rezkisari

Langsung Saja Masak Tanpa Perlu Mencucinya

Foto: dok Republika

REPUBLIKA.CO.ID, Ternyata tidak semua bahan makanan dianjurkan dicuci terlebih dulu sebelum memasaknya. Justru ada bahan-bahan makan yang dipantang dicuci.

Jamur
Membilas jamur dengan air sama saja merusak cita rasanya. Jamur bersifat mudah menyerap air dan nyaris tidak bisa dikeringkan setelah dicuci.

Mencuci jamur akan membuat kandungan airnya bertambah sehingga ketika dimasak kelezatan jamur akan berkurang. Jika jamur terlihat kotor, cukup membersihkannya dengan lap kering.

Daging ayam
Membilas daging ayam mentah dengan air justru  dapat meningkatkan kandungan racun dalam daging. Selain itu, mencuci daging ayam mentah sama dengan menyebarkan bakteri ke seluruh dapur.

Cipratan dan tetesan air dari daging ayam bisa mengontaminasi permukaan yang bersih. Satu-satunya cara membersihkan bakteri dari daging ayam adalah dengan memasaknya.

Daging merah
Jauhkan daging merah dari air sebelum dimasak. Membasuh daging sebelum dimasak dapat mengurangi kualitas daging tersebut.

Paparan air pada daging akan membuat daging lebih lembab dan memengaruhi rasanya. Untuk membersihkan daging merah, cukup gunakan lap kering. Cara ini sekaligus akan mengurangi kelembaban pada daging.

Pasta
Beberapa orang mencuci pasta sebelum dimasak dengan tujuan agar pasta bersih. Akan tetapi, langkah ini malah akan menghilangkan zat tepung di bagian luar pasta.

Tepung tersebut berfungsi sebagai pemberi rasa sekaligus pelekat agar saus mau menempel pada pasta.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

 

IN PICTURES