Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Empat Perilaku Unik Pengguna Twitter Saat Ramadhan

, Antusiasme umat Muslim menyambut Ramadhan biasanya tercermin pada medsos

Senin 13 May 2019 00:45 WIB

Red: Christiyaningsih

Empat perilaku unik pengguna Twitter saat Ramadhan.

Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID, Antusiasme umat Muslim dalam menyambut Ramadhan biasanya tercermin pada unggahan di media sosial. Pada 2018, ada 133 juta tweet terkait Ramadhan secara global. Sekitar 20 persen di antaranya berasal dari pengguna Twitter Indonesia.

 
Berdasarkan survei yang dilakukan pada April 2019, Twitter Indonesia menemukan ada beberapa perilaku menarik yang kerap ditunjukkan pengguna Twitter terkait Ramadhan. 
 
1. Topik utama 
Tiga topik yang paling banyak dibicarakan di Twitter selama Ramadhan di Indonesia adalah mudik, makanan, dan belanja.
 
2. Video masak
Selama Ramadhan, durasi pengguna untuk menyaksikan konten video di Twitter mengalami peningkatan lebih dari 88 persen. Popularitas konten memasak dan menu masakan di Twitter selama Ramadhan setara dengan konten-konten seputar agama yaitu sekitar 60 persen. 
 
3. Belanja
Selama Ramadhan, ada tiga kategori pembelanjaan yang paling banyak dilakukan pengguna Twitter di Indonesia. Ketiga kategori tersebut adalah pakaian atau aksesoris (70%), tiket pesawat (50%), dan peralatan rumah tangga (48%).
 
4. Info mudik
Topik-topik yang paling banyak dicari pengguna Twitter Indonesia seputar mudik adalah rute terbaik selama perjalanan, hiburan selama perjalanan, dan tips kelancaran perjalanan.
 
Sumber: Twitter Indonesia
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA